Mengenal Kredit Tanpa Agunan Syariah

Mengenal Kredit Tanpa Agunan Syariah – Masyarakat kini semakin antusias terhadap produk KTA atau Kredit Tanpa Agunan yang dinilai memberikan kemudahan bagi para nasabahnya. Dengan melihat hal tersebut, baik itu Bank Syariah ataupun Lembaga Keuangan Syariah juga turut andil dalam mengeluarkan produk terbarunya yang berbasis Syariah. Adapun persyaratan pengajuan KTA Syariah di Bank Syariah juga hampir sama dengan KTA yang ada di Bank Konvensional. Namun yang perlu Anda perhatikan adalah perbandingan antara produk KTA Syariah dan KTA di Bank Konvensional.

KTA di Bank Konvensional lebih membebankan kepada para nasabahnya yang berupa bunga pinjaman sebagai imbalan karena sudah meminjamkan sejumlah uang tunai dari Bank dalam jangka waktu tertentu. Beban bunga tersebut nantinya akan dihitung sesuai dengan persentase besarnya nominal pinjaman dan jangka waktu pelunasan.

Pinjaman Kredit Tanpa Agunan Syariah

Pinjaman Kredit Tanpa Agunan Syariah

Namun hal ini sangat berbeda dengan produk KTA Syariah di Bank Syariah dimana dari awal tidak membebankan bunga pinjaman kepada para nasabahnya. KTA Syariah menggunakan metode bagi hasil dalam sistem kemitraan yang sudah disepakati bersama. Kredit Tanpa Agunan Syariah ini memiliki syarat tambahan lain yang harus dipenuhi nasabahnya, antara lain dana KTA Syariah yang akan dicairkan harus ditujukan untuk hal-hal yang sifatnya halal. Calon peminjam diwajibkan membuat surat pernyataan mengenai tujuan penggunaan KTA tersebut, misalnya saja dana KTA untuk pergi haji atau umroh, untuk membeli rumah, untuk modal usaha dan lain sebagainya.

Keuntungan Menggunakan KTA Syariah

Saat ini telah banyak Lembaga Keuangan Syariah yang memberikan penawaran menarik dengan fitur produk KTA Syariah. Besarnya plafon cukup bervariasi yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan peminjam. Bahkan ada juga yang memberikan pinjaman hingga diatas 100 juta rupiah.  Jika Anda tertarik untuk mengajukan KTA Syariah, pastikan bandingkan dulu antara Bank Syariah yang satu dengan lainnya. Jadi jangan terburu-buru mengambil penawaran produk KTA Syariah tersebut. Simak ulasan berikut

Halal : produk Kredit Tanpa Agunan Syariah sangat dijamin kehalalannya. Hal ini dapat menjadi pilihan tepat bagi Anda sebagai umat muslim yang tak ingin meminjam uang di Bank Konvensional karena terdapat beban bunga pinjaman.

Fasilitas : KTA Syariah ini juga telah memiliki berbagai fasilitas lengkap yang sama dengan KTA di Bank Konvensional. Hal inipun akan memudahkan nasabahnya untuk melakukan transaksi. Misalnya adanya kemudahan dalam membayar cicilan, penggunaan internet banking dan lain-lain

Zakat : Para nasabah di Bank Syariah juga bisa ikut berpartisipasi dalam pembayaran zakat dimana nantinya akan diambil dari setiap keuntungan yang diperolehnya. Hal inipun akan menguntungkan nasabah, selain bisa meminjam juga dapat beribadah. Sekitar 2,5% akan disalurkan untuk zakat

Masing-masing Bank Syariah memiliki persyaratan yang berbeda-beda. Selain itu besaran plafon KTA ini juga relatif besar. Mulai dari 5 juta  hingga 200 juta dengan jangka waktu pelunasan dari 1 tahun hingga 4 tahun

Meski Kredit Tanpa Agunan Syariah tidak butuh jaminan, namun tetap saja  ada persyaratan dan ketentuan yang berlaku. Misalnya, KTA Syariah dapat dicairkan apabila besarnya dana tunai dibawah 30 juta dengan jangka waktu pelunasan kurang dari 3 tahun. Jika pelunasan melebihi jangka waktu yang ditetapkan, maka pihak bank syariah juga akan kembali meminta jaminan seperti logam mulia, rumah atau kendaraan.

Namun fatwa tentang KTA Syariah dari Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia ( DSN MUI ) ini juga masih belum ada. Ketika nasabah mengajukan KTA Syariah, diharuskan membuat surat pernyataan tujuan penggunaannya. Jika tidak membuatnya dikhawatirkan peminjam akan menggunaan dana KTA ini secara sembarangan, misalnya untuk membayar uang muka kredit rumah atau mobil. Tentu saja hal ini akan berisiko bagi peminjam, karena peminjam harus membayar cicilan KTA Syariah sekaligus membayar cicilan KPR atau mobil.

Pencarian Mengenal Kredit Tanpa Agunan Syariah


Artikel Mengenal Kredit Tanpa Agunan Syariah

Tags: , , , , ,


Mengenal Kredit Tanpa Agunan Syariah | admin | 4.5