Pinjaman Uang Untuk Biaya Nikah, Perhatikah Hal Ini

Pinjaman Uang Untuk Biaya Nikah, Perhatikah Hal Ini – Sebenarnya sih boleh saja jika kita ingin mengajukan pinjaman bank untuk biaya pernikahan. Bahkan tiap bank juga banyak yang menawarkan produk pinjaman tanpa jaminan yang bisa kita gunakan untuk keperluan pribadi. Namun sebelum kita mengajukan pinjaman, ada baiknya memperhatikan hal-hal berikut ini :

Menentukan Nominal Yang Seminim Mungkin

Dalam mengajukan pinjaman, sebaiknya kita perlu berhati-hati. Usahakan menggelar acara pernikahan dengan uang kita sendiri. Kalaupun kita meminjam uang di bank, pastikan uang pinjaman tersebut hanya sebagai penggenap saja, bukan menjadi promotor utama pesta pernikahan. Selain itu, kita harus benar-benar selalu mengkalkulasi dengan cermat seluruh anggaran pernikahan yang ingin digelar nantinya. Maka dari itu, kita harus cerdas dalam menggambarkan semua hal yang perlu dipersiapkan untuk pesta pernikahan, misalnya berapa tamu yang akan di undang, berapa sewa gedung, catering, sewa sound sistem, sewa baju pengantin dan lain sebagainya.

Pinjaman Uang Untuk Biaya Nikah

Pinjaman Uang Untuk Biaya Nikah

Perlu Anda perhatikan, berhutang di bank juga akan selalu membebankan bunga, semakin lama dan semakin besar pinjaman Anda, maka akan semakin terbebani pula dengan cicilan yang semakin besar. Tidak hanya itu, mungkin Anda juga akan merencanakan untuk memiliki anak dalam waktu dekat. Itu artinya, Anda perlu memikirkan biaya-biaya kebutuhan anak seperti biaya persalinan, perlengkapan bayi dan biaya hidup anak Anda.

Berhutang Bisa Saja Mempengaruhi Hubungan Anda

Seperti yang telah kita ketahui, semakin lama dan semakin besar jumlah pinjaman Anda, maka akan semakin besar pula cicilan pembayaran serta semakin lama Anda dibebani oleh hutang, padahal Anda juga masih mempunyai kebutuhan-kebutuhan lain yang harus Anda selesaikan.

Tingginya pembayaran ini tentu akan membebani Anda, permasalahan ini mungkin saja juga akan memperburuk hubungan Anda dan pasangan. Bahkan cukup banyak juga orang yang mangalamai masalah keuangan ini hingga berujung pada perceraian. Untuk itu, penting bagi Anda untuk selalu mempersiapkan segala hal yang akan Anda hadapi bersama, terutama mengenai masalah keuangan.

Mengetahui Batasan Berhutang

Pada penjelasan di atas, bukan berarti kita tidak boleh berhutang kepada pihak bank untuk biaya pernikahan, namun kita tetap harus selalu berhati-hati dalam melakukan pinjaman. Pastikan Anda harus memperhitungkan jumlah biaya pinjaman atau seberapa besar kemampuan Anda membayar yang sudah disesuaikan dengan pekerjaan Anda saat ini. Batasan maksimal pinjaman yang disarankan adalah 30% dari kombinasi seluruh pendapatan bersih Anda dan pasangan.

Selanjutnya setelah Anda memahami batasan hutang dari bank, Anda juga harus lebih cermat dalam memilih produk pinjaman yang sesuai dengan kondisi keuangan Anda. Saat ini, bank juga telah menyediakan produk layanan pinjaman yang lebih ringan seperti :

Kredit Multiguna

Setiap bank rata-rata sudah memiliki produk kredit multiguna. Umumnya bank menawarkan sejumlah pinjaman sebesar 25 juta hingga 3 miliar, tergantung pada kebijakan tiap-tiap bank. Tenor pengembalian juga bervariasi, yang paling lama adalah 10 tahun. Untuk keperluan pembiayaan pribadi, misalnya pernikahan, sebaiknya jangan mengambil pinjaman yang terlalu besar dan jangka waktu yang panjang.

Kredit Tanpa Agunan

KTA mungkin saja bisa menjadi alternatif bagi Anda karena membolehkan untuk meminjam dana tanpa adanya jaminan atau agunan. Namun fungsi dari  produk KTA ini adalah pembiayaan yang bersifat mendadak dan membutuhkan proses pencairan yang cepat. Dalam melakukan pinjaman dengan produk KTA, sebaiknya Anda mengajukan pinjaman dengan nominal yang tidak terlalu besar dan tenor pembayaran yang tidak lama, terlebih lagi untuk pembiayaan keperluan pribadi seperti pernikahan

Pencarian Pinjaman Uang Untuk Biaya Nikah, Perhatikah Hal Ini


Artikel Pinjaman Uang Untuk Biaya Nikah, Perhatikah Hal Ini

Tags: , , , ,


Pinjaman Uang Untuk Biaya Nikah, Perhatikah Hal Ini | admin | 4.5